Senin, 27 Juni 2011

Tiga Hal Bikin Kawasaki Ninja Makin Garang

Kawasaki Ninja. Mendengar namanya saja udah kebayang kekuatan nih motor. Sejak kemunculannya dan terus berjaya didunia balap liar dan resmi di tanah air, membuat nama Ninja makin berkibar. Jangankan untuk balap, untuk harian aja, tenaga nih motor dengan mesin standarnya udah sangat mumpuni. Tinggal seberapa berani penunggangnya menarik pedal gas sampai mentok.

Kendati demikian, masih ada bikers yang punya nyali besar dan merasa gak puas sama lari si Ninja. Nah untuk itu, bengkel D2M Hasil Kebon yang udah berdiri sejak tahun 99 dan terjun di dunia balap pake Kawasaki Ninja, punya cara sendiri bikin Kawasaki Ninja makin garang dengan mesin standar nya.

“Ninja RR kalau hanya untuk harian agar lebih enteng cukup lakukan tiga hal, pertama naikit pilot jet nya jadi 25. Dan untuk mengejar hasil yang lebih maksimal, kenalpot standarnya diganti pake knalpot kolong dan rubah timing pengapian dengan sedikit dimajukan,” jelas Didi Nurhadi.

Terus kalau Ninja R gimana? perlakuan buat Ninja R gak jauh beda dengan Ninja RR, cuma untuk Ninja R, pilot jet nya pake yang ukuran 52 atau 55.

Kalau sudah dilakukan perubahan seperti diatas tapi masih gak puas? Ganti karburatornya pake karburator PE. Tapi kalau mau tetep pake karburator bawaannya Ninja, rubah pilot jet, timing pengapian dan porting. Jika hal ini sudah dilakukan, Didi menjamin kecepatannya bisa tembus angka 200 km/jam dengan kondisi gas belum mentok, alias masih bisa ditingkatkan lagi.

“Kalau mau bener-bener kenceng dan maksimal banget, ganti karburatornya pake PE 28 buat maksimalin di tarikan bawah, rubah timing pengapian dan porting. Gw jamin lari 200 km/jam aja mah gas belum mentok,” jelas Didi lagi.

“Dengan mesin standarnya Ninja RR jelas lebih galak dari Ninja 250, apalagi kalau udah lakukan perubahan seperti tadi, makin gampang lah ngalain Ninja 250,” pungkas Didi.

Hal Serupa juga diakui Safiih yang akrab disapa Jeck sang mekanik dari bengkel 7 saudara. “Kalau Ninja RR standarnya mah udah bisa ngalahin Ninja 250. Tapi kalau mau lebih galak cukup ganti knalpot dan seting karburator,” jelasnya.

Masalah yang sering terjadi pada motor Kawasaki Ninja terutama keluaran tahun 2007 keatas biasanya katupnya sering macet. Untuk mengatasi masalah ini agar bisa mendukung rubahan tadi, tinggal naikkan setelan pompa oli biar sedikit boros. Hal ini dimaksudkan agar katup gak gampang kering.
nc dyra

6 komentar:

  1. alo mas mau tanya sebntr ni..
    kalo ganti knapot racing mesti ganti pj mj mas ? kondisi motorya masi standar.
    oiya kalo ukrn standar pj mj ninja rr brp ? kalo mau ganti pj mj hrs ganti ukrn brp mas ?

    tolong di jawab ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo ninja rr pke knalpot racing pj ny naikin jd 25 main jet ny naikin jd 280, klo gk slh pj standar 22'5 mj 270

      Hapus
  2. Mas minta pencerahan nya,,,,
    Ninja150 saya pakek pe28 timing pengapian dh d rubah,tapi knalpot standar.kira" Pj & Mj yg pas ukuran brp?

    BalasHapus
  3. Mas mau tanya kalo ninja r vs rr masih kenceng and mana soalnya pas ane nyoba rr sama r Mash kencengan yang r dengan kondisi sama sama standar

    BalasHapus
  4. Om ane pke pw 28 thailand, kira2 ukurn PJ MJ yg pas brp ?

    BalasHapus
  5. kalau ninja 250 karbu di ganti karbu pe 2 biji bisa ta bos

    BalasHapus