Senin, 27 Juni 2011

motor ku Ninja 150 suaranya kasar kenapa ya?

Suara kasar abis ganti knalpot freeflow itu wajar bro. Karena knalpot freeflow gk ada hambatan seperti pada knalpot standard yg memakai catalic converter, sehingga suara sonicboom dari back pressurenya lebih jelar terdengar (seperti bunyi tawon). Biasanya dari Reedvalve juga bakal ada perubahan suara. Karena tekanan dari backpressure knalpot tadi yg lebih besar, maka pengisapan reed valve jadi semakin intense dan kerja buka tutup membran pada reed valve semakin keras. Biasanya suaranya seperti suara mesin yang ngorok. Hal ini sangat wajar, apalagi jika knalpotnya lokal custom. Cara yang paling sederhana untuk ngetest seberapa jauh pengaruh sonicboom terhadap tekanan kerja mesin, coba saluran HSASnya(disebelah kiri motor pas dibawah tabung YEIS) di tutup pake jari aja. HSAS membantu menyapu gas buang dengan menyuntikan udara segar kedalam exhaust chamber. Bandingkan saat HSAS terbuka, karena jika HSAS ditutup maka tekanan didalam sistem gas buang akan berkurang dan suaranya akan sedikit lebih halus.

Klo masalah seputar piston, ring piston, & boring yang rusak biasanya suaranya klotek2. Kayak ada potongan besi yang lepas didalam mesin. Dan suaranya bakal lebih parah lagi (klotek2) klo setang piston sudah oblak. Biasanya motor R yang dipacu dengan extrem sebaiknya ganti ring piston di tiap 15.000km (sebelum dinding boring tergores). Harga ganti ring piston ninja RR ori tidak sampai 200ribu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar