Senin, 27 Juni 2011

oli terbaik

masalah merek oli, entah itu untuk oli samping atau pun oli mesin,yang perlu bro perhatikan adalah:

1. patokan untuk ukuran kekentalan oli yang direkomendasikan oleh pabrikan motor yang bro punya, yakni SAE ....

2. untuk menentukan oli apa yang bagus kudu jeli jenis masing-masing oli, yang perlu diperhatikan antara lain API service nya, semakin muda motor bro maka semakin canggih mesin yang di usung sehingga membutuhkan oli yang berkualitas sesuai dengan speknya. API service bisa diketahui dengan huruf belakang yang tertera dimulai dari A-.....J, dstnya, misal API SC,SJ,SL,dstnya semakin huruf yang tertera semakin tinggi maka semakin baik.

3. oli terdapat beberapa jenis yakni oli mineral, semi syntetis, dan full syntetis. oli mineral berbahan dasar nabati yang diolah sedemikian rupa sehingga mampu menjadi unsur yang dapat digunakan untuk pembakaran/pelumasan, oli semi sintetik berbahan dasar nabati dengan dicampur unsur kimia, sedangkan oli sintetic berbahan dasar unsur kimia.kekurangan oli mineral bila digunakan lebih dari masa pakai akan menyebabkan endapan pada bak oli, sedangkan oli sintetic minim endapan.kelebihannya pada harga yang ekonomis dibanding oli sintetis. oli mineral kurang memiliki masa pakai lama beda dengan oli sintetis yang memiliki masa pakai lama disebabkan karena pengelolaan dengan bahan kimia. menurut yang aku tahu oli mineral memiliki titik tahan panas pada sekitar 200-300 derajat, sedangkan oli sintetis lebih. sehingga kebanyakan oli sintetic digunakan pada motor kapasitas mesin besar / kompresi tinggi/motor balap.

4. untuk masalah merek ini tergantung dari selera masing-masing pemilik motor, banyak sekali merek oli yang beredar, silahkan dipilih dan disesuaikan dengan spek motor, tempat tinggal bro sendiri dimana apakah dataran tinggi atau dikota, berhawa panas atau dingin, tingkat mobilitas, untuk oli import perlu disesuaikan dari negara mana pengekspornya ini perlu diketahui untuk perbedaan iklim antara negara pengimport dan negara pengeksportnya.
nc dyra

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar