Senin, 27 Juni 2011

cara stel oli samping

Buat yg blm tau, ini cara nyetel oli samping:
  1. Buka fairing kiri utk mempermudah pekerjaan (buat RR). Pake obeng plus, total ada 7 skrup (Gbr 1).
  2. Buka cover gear depan di mesin sebelah kiri pake kunci 8. Total ada 3 skrup (Gbr 2).
  3. Skrg keliatan kan gear depannya... abis itu buka dust cover di dlmnya pake obeng plus. Ada 2 skrup di situ. Klo susah bukanya, pake obeng ketok (Gbr3). Sorry, motornya blm dicuci, jadi bagian dlm rumah gear depan msh belepotan oli... hehehe...
  4. Sesudah dust cover dibuka, didlmnya ada mekanisme pompa oli (Gbr 4). Perhatikan posisi B & C. Di situ ada garis. Posisi garis pada saat grip gas kita putar habis (gas pol/full throtle) dlm kondisi mesin mati:
    • posisi B = C (segaris) berarti stelan standar
    • posisi B dibawah C berarti boros. Semakin B ke bawah, semakin boros
    • posisi B diatas C berarti irit... not recommended... irit takutnya malah bikin piston baret...
  5. Cara nyetelnya:
  • mesin mati
  • posisi gas putar habis (gas pol, full throtle). minta bantuin temen buat muter grip gas sambil kita nyetel oli samping.
  • kendurkan skrup pengunci stelan (huruf D) ke arah kiri pake kunci 10.
  • stel oli samping dg memutar skrup A pake kunci 10. Searah jarum jam akan irit, berlawanan arah jarum jam akan boros. Lihat posisi garis B & C spt yg sudah dijelaskan di atas.
  • setelah selesai nyetel, jgn lupa utk kencangkan skrup pengunci D.
  • Klo udh selesai, balikin lg spt semula dg cara kebalikan yg diatas.

Tips:
  1. Ninja standar sebaiknya menggunakan stelan standar, kecuali kalo motor msh baru.
  2. Ninja yg msh baru olsamnya akan distel boros, krn piston msh baru. Butuh pelumasan lebih. Kalo masa in rijden udh selesai (5.500 km) balikin lg ke standar.
  3. Buat yg udh ganti knalpot racing, sesuaikan kebutuhan olsam dg naiknya PJ/MJ. Naiknya PJ atau MJ selain menuntut konsumsi bensin yg lbh boros, juga menuntut olsam yg lebih boros juga...
  4. Paling ngga 3 bln sekali stelan olsam dicek. Takutnya kalo stelan berubah sendiri krn getaran mesin atau skrup pengunci kendor.
  5. Jgn stel irit... apalagi kalo punya kebiasaan "bengis" kalo betot gas...
  6. Jgn juga terlalu boros. Terlalu boros akan bikin olsam ga kebakar sempurna & akan jadi kerak (bhs bulenya spooge) yg bisa bikin kotor mesin & bisa bikin SKIPS macet. Gmn cara taunya? Cek ke busi. Kalo busi basah krn oli, berarti olsam terlalu boros. Juga kalo asap knalpot berlebihan pada saat mesin udh panas (pdhl udh pake smokeless) berarti terlalu boros. Tp kalo asap keluar pas manasin mesin sih wajar.
  7. Gunakan olsam minimal semi sintetik, minimal API TC, JASO FC ISO L-EGD.
NC Bayu




11 komentar:

  1. Mantap prenn....thanks banget informasinya :)

    BalasHapus
  2. okela kalo bekgitu...
    siipppp???

    BalasHapus
  3. npa,ea pas coba2 stel olsam ninja yg aq,ko garis b nya jauh diatas garis c,disteel lgi mentok kabelnaya,apa ninjanya sdah tua gtu,hehe,,,?!!!

    BalasHapus
  4. tq info.. update terus dong masbro..soale saya baru beli nih walau sekend kesampaian jg punya NINJA

    BalasHapus
  5. mw tanya apakah ada kelainan pada ninja jika di bawa perjalanan 1000 km , seperti jakarta - bali / pp . jika ada apa yang harus di persiap kan sebelum memulai perjalanan ? terimah kasih mohon wejangan gan

    BalasHapus
  6. saya perjelas untuk ninja 150 rr

    BalasHapus
  7. kalo ada oli turun k knalpot itu knapa ya ?
    trus itu oli apa ? oli mesin or oli samping ?
    sblmnya saluran oli samping kan smpet macet, motor ga berasap .
    tpi stelah saluran di bersihkan dan ga macet, eh motor malah jdi berasap dan ada banyak oli k knalpot.
    mohon sarannya om !

    BalasHapus
  8. Iya itulah oli samping, oli yg keluar ke knalpot bukan oli mesin, justru oli samping yg ga kebakar sempurna dan bisa jadi oli samping terlau boros

    BalasHapus
  9. Om mau nxk nih,kalau ganti kenalpot racing itu harus stell oli samping ya om,tp pj dan mj nya masih standart,trima kasih
    Mohon petunjuknya om

    BalasHapus