Senin, 27 Juni 2011

cara stel oli samping

Buat yg blm tau, ini cara nyetel oli samping:
  1. Buka fairing kiri utk mempermudah pekerjaan (buat RR). Pake obeng plus, total ada 7 skrup (Gbr 1).
  2. Buka cover gear depan di mesin sebelah kiri pake kunci 8. Total ada 3 skrup (Gbr 2).
  3. Skrg keliatan kan gear depannya... abis itu buka dust cover di dlmnya pake obeng plus. Ada 2 skrup di situ. Klo susah bukanya, pake obeng ketok (Gbr3). Sorry, motornya blm dicuci, jadi bagian dlm rumah gear depan msh belepotan oli... hehehe...
  4. Sesudah dust cover dibuka, didlmnya ada mekanisme pompa oli (Gbr 4). Perhatikan posisi B & C. Di situ ada garis. Posisi garis pada saat grip gas kita putar habis (gas pol/full throtle) dlm kondisi mesin mati:
    • posisi B = C (segaris) berarti stelan standar
    • posisi B dibawah C berarti boros. Semakin B ke bawah, semakin boros
    • posisi B diatas C berarti irit... not recommended... irit takutnya malah bikin piston baret...
  5. Cara nyetelnya:
  • mesin mati
  • posisi gas putar habis (gas pol, full throtle). minta bantuin temen buat muter grip gas sambil kita nyetel oli samping.
  • kendurkan skrup pengunci stelan (huruf D) ke arah kiri pake kunci 10.
  • stel oli samping dg memutar skrup A pake kunci 10. Searah jarum jam akan irit, berlawanan arah jarum jam akan boros. Lihat posisi garis B & C spt yg sudah dijelaskan di atas.
  • setelah selesai nyetel, jgn lupa utk kencangkan skrup pengunci D.
  • Klo udh selesai, balikin lg spt semula dg cara kebalikan yg diatas.

Tips:
  1. Ninja standar sebaiknya menggunakan stelan standar, kecuali kalo motor msh baru.
  2. Ninja yg msh baru olsamnya akan distel boros, krn piston msh baru. Butuh pelumasan lebih. Kalo masa in rijden udh selesai (5.500 km) balikin lg ke standar.
  3. Buat yg udh ganti knalpot racing, sesuaikan kebutuhan olsam dg naiknya PJ/MJ. Naiknya PJ atau MJ selain menuntut konsumsi bensin yg lbh boros, juga menuntut olsam yg lebih boros juga...
  4. Paling ngga 3 bln sekali stelan olsam dicek. Takutnya kalo stelan berubah sendiri krn getaran mesin atau skrup pengunci kendor.
  5. Jgn stel irit... apalagi kalo punya kebiasaan "bengis" kalo betot gas...
  6. Jgn juga terlalu boros. Terlalu boros akan bikin olsam ga kebakar sempurna & akan jadi kerak (bhs bulenya spooge) yg bisa bikin kotor mesin & bisa bikin SKIPS macet. Gmn cara taunya? Cek ke busi. Kalo busi basah krn oli, berarti olsam terlalu boros. Juga kalo asap knalpot berlebihan pada saat mesin udh panas (pdhl udh pake smokeless) berarti terlalu boros. Tp kalo asap keluar pas manasin mesin sih wajar.
  7. Gunakan olsam minimal semi sintetik, minimal API TC, JASO FC ISO L-EGD.
NC Bayu




34 komentar:

  1. Mantap prenn....thanks banget informasinya :)

    BalasHapus
  2. okela kalo bekgitu...
    siipppp???

    BalasHapus
  3. npa,ea pas coba2 stel olsam ninja yg aq,ko garis b nya jauh diatas garis c,disteel lgi mentok kabelnaya,apa ninjanya sdah tua gtu,hehe,,,?!!!

    BalasHapus
  4. tq info.. update terus dong masbro..soale saya baru beli nih walau sekend kesampaian jg punya NINJA

    BalasHapus
  5. mw tanya apakah ada kelainan pada ninja jika di bawa perjalanan 1000 km , seperti jakarta - bali / pp . jika ada apa yang harus di persiap kan sebelum memulai perjalanan ? terimah kasih mohon wejangan gan

    BalasHapus
  6. saya perjelas untuk ninja 150 rr

    BalasHapus
  7. kalo ada oli turun k knalpot itu knapa ya ?
    trus itu oli apa ? oli mesin or oli samping ?
    sblmnya saluran oli samping kan smpet macet, motor ga berasap .
    tpi stelah saluran di bersihkan dan ga macet, eh motor malah jdi berasap dan ada banyak oli k knalpot.
    mohon sarannya om !

    BalasHapus
  8. Iya itulah oli samping, oli yg keluar ke knalpot bukan oli mesin, justru oli samping yg ga kebakar sempurna dan bisa jadi oli samping terlau boros

    BalasHapus
  9. Om mau nxk nih,kalau ganti kenalpot racing itu harus stell oli samping ya om,tp pj dan mj nya masih standart,trima kasih
    Mohon petunjuknya om

    BalasHapus
  10. Mksh kang atas infonya,skrg gk perlu ngeluarin uang 1minggu sekali

    BalasHapus
  11. Agan bayu, eza, dyra, threevat yg terhormat..maaf kalo ane pake profil anonim,,mau tanya gan kebetulan ane baru beli ninja RR dan belum genap sebulan make ninja motor ane udah nepi di bengkel katanya piston, stang, sama bloknya uda kena (telat oli samping). ane ganti semua sprepartnya kecuali bloknya ane boring soalnya kalo beli sekitar 2jt-an. pertanyaan ane, kalo maslah performa kecepatan dengan blok yang udah di boring apakah memang ada penurunan drastis, karena setelah selesai di servis kecepatan motor ane cuma sekitar 90-100. apa seterusnya akan sperti itu? mohon balasannya gan,,mklum ya gan ane baru pertama kali pke 2 tak. thnks gan

    BalasHapus
  12. Semua saya mau nanya ni, knalpot saya habis d 'bobok' trus kok netes oli trus ya? Ninja ss, salam kawasaki ninja

    BalasHapus
  13. Punya saya ninja rr 150 thn 2012. Masalah nya klo olsamp nya di isi ngebul asap putih. Buat tarikan mbrebet asap nya ngepul bnget. Tpi klo olsamp nya udh sdikit ngebul nya sdikit berukurang mesin juga buat tarikan ada tenaga nya. Terima kasih mas bro

    BalasHapus
  14. Punya saya ninja rr 150 thn 2012. Masalah nya klo olsamp nya di isi ngebul asap putih. Buat tarikan mbrebet asap nya ngepul bnget. Tpi klo olsamp nya udh sdikit ngebul nya sdikit berukurang mesin juga buat tarikan ada tenaga nya. Terima kasih mas bro

    BalasHapus
  15. punya saya ninja r 150 cc thn 2015. masalahnya asap tebal tidak pernah berenti keluar dari kanalpot, padahal stelan oli sampingnya sudah steel normal terimah kasih mas bro mhon petunjuknya

    BalasHapus
  16. punya saya ninja r 150 cc thn 2015. masalahnya asap tebal tidak pernah berenti keluar dari kanalpot, padahal stelan oli sampingnya sudah steel normal terimah kasih mas bro mhon petunjuknya

    BalasHapus
  17. punya saya ninja r 150 cc thn 2015. masalahnya asap tebal tidak pernah berenti keluar dari kanalpot, padahal stelan oli sampingnya sudah steel normal terimah kasih mas bro mhon petunjuknya

    BalasHapus
  18. Sama mas bro ruslan. Knapa ya. Klo ada yg tau jawab dong

    BalasHapus
  19. Gan emang kalau ninja yg standart*sudah lewat masa in ridjen nya* itu pengaturan oli sampingnya bisa berubah sendiri ya atau hanya utk ninja yg tidak standart?

    BalasHapus
  20. banyak informasi yang saya dapat dari blogg ini sukses terus buat admin bloggnya.. Terus berkarya dan update artikel terbaru lebih banyak lagi ^_^

    BalasHapus
  21. Punya saya ninja rr 2013 knalpot nya sudah dgnti racing pj dan mj ny sdah distel dan olsam ny jg tpi kok mash berasap mohon infonya tks

    BalasHapus
  22. Punya saya ninja rr 2013 knalpot nya sudah dgnti racing pj dan mj ny sdah distel dan olsam ny jg tpi kok mash berasap mohon infonya tks

    BalasHapus
  23. Punya saya ninja rr 2013 knalpot nya sudah dgnti racing pj dan mj ny sdah distel dan olsam ny jg tpi kok mash berasap mohon infonya tks

    BalasHapus
  24. Mau nanya ni senior...sy pnya ninja rr drmh msh stelan2 standard sih, udh stahun sya bli dri pemiliknya n makenya kadang2 biasa 2x sminggu kadang pula 2minggu sekali...n kadang skali saya panasin n slama drmh itu oli msinnya sya ngga prnh ganti pas stu hari sya panasin ngga taunya oli msin tba2 habis n motor mati. Pas sya isi ulang oli msinnya kok tiba2 asap dri knalpot jdi ngebul banget. Tks Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg di maksud oli samping yg habis apa oli mesin? Setau saya oli mesin gak bisa habis kecuali bocor hhe

      Hapus
    2. Kejadiannya sm bro ane jg motor ga dipake" pas dipake trs jalan asemnya bnyak bnget dari knalpot tolong pencerahannya nh saya udh stel oli sampingnya tp sm aja mksh suhu

      Hapus
  25. Bang saya pesen grip nya ad gak ya

    BalasHapus
  26. Bang saya pesen grip nya ad gak ya

    BalasHapus
  27. Suhu mau nanya nh knp mtr saya oli sampingnya boros ya padahal udah disetel tp msh kaya nabun klo udh jalan tolong infonya terima kasih

    BalasHapus
  28. Mau nanya suhu ninin rr punya ku th 2015 klo mau ganti air radiator sama bersihin blok dan head itu brp km ya lagian saya baru 11rb km tolong di jawab suhu

    BalasHapus