Senin, 27 Juni 2011

Standar Spesifikasi Oli


Ada bbrp pertanyaan dari temen2 mengenai oli yg bagus. Tentu ini pertanyaan yg ga bisa dijawab dg begitu aja. Masalahnya oli yg bagus utk motor A blm tentu bagus utk motor B. Bagus utk mobil jelas ga bagus utk motor. Paling parah oli mobil diesel dipake buat motor...
Trus gmn taunya oli yg tepat buat motor kita? Kita perlu tau dulu spesifikasi dari oli tsb, dimana spek oli tsb hrs memenuhi persyaratan minimal dari pabrikan motor kita. Dg oli yg tepat, kita akan mendapatkan performa yg optimal dari mesin motor kita.
Berhubung yg aq punya adlh Ninja 2 tak, tentunya disini aq lebih fokus utk ngebahas oli samping ya... harap maklum... :-)
Berikut ini adalah standar spesifikasi oli yg bisa kita temukan di botol oli. Standar yg umum dipake adalah API, JASO, ISO dan SAE. Sebetulnya ada satu lagi standar yaitu NMMA (National Marine Manufacturers Association) yg bermarkas di US tp dia hanya mengatur standar oli utk mesin kendaraan air, jd ga dibahas disini. Harap dicatat juga bhw Ninja 2 tak menggunakan 2 macam oli, yaitu oli transmisi dan oli samping.

1.      API (American Petroleum Institute), bermarkas di US
 Standar API meliputi daya lumas, kontrol deposit, oksidasi oli, keausan, karat dan korosi. Khusus utk oli samping mengatur daya lumas, detergency, kandungan abu & pre-ignition.
API mengatur standar oli utk mesin bensin 4 langkah, mesin diesel dan mesin bensin 2 langkah.
  • Mesin bensin 4 langkah
     Kodenya diawali dg "S" (Spark). Saat ini msh ada 4 klasifikasi,
     SH ---> utk mesin dg teknologi <1994, spesifikasi diatas SG
     SJ ---> utk mesin teknologi 1996, spesifikasi di atas SH
     SL ---> utk mesin teknologi 2001, spesifikasi di atas SJ
     SM ---> yg terbaru, bisa digunakan pada mesin yang menpersyaratkan pelumas dengan spesifikasi di bawahnya (SL/SJ/SH).
     Utk Ninja 150, oli transmisi yg dipersyaratkan oleh pabrik adlh minimal SL. Dg kata lain klo bro mo pake oli transmisi dg spek SM, silakan saja.
  • Mesin diesel
     Kodenya diawali dg "C" (Carbon).  Yg msh dipake adalah CF, CG, CH dan CI. Berhubung ini adalah Ninja Community dan bukan Panther Community, maka oli mesin diesel ga dibahas di sini ya... :-)
  • Mesin bensin 2 langkah (Oli samping)
     Kodenya diawali dg "T". Ada 4 spesifikasi:
     API TA  --> sudah tdk digunakan lagi
     API TB ---> spesifikasi di atas TA
     API TC ---> spesifikasi di atas TB
     API TD ---> spesifikasi di atas TC
     Utk Ninja 150, oli samping yg dipersyaratkan oleh pabrik adlh minimal TC. Dg kata lain klo bro mo pake oli samping dg spesifikasi TD, silakan saja.

 2.      JASO (Japanese Automobile Standards Organization), bermarkas di Jepang
 JASO mengatur standar oli utk mesin bensin 4 langkah, mesin diesel dan mesin bensin 2 langkah.
  • Mesin bensin 4 langkah
     Ada 2 spesifikasi, yaitu MA dan MB dimana kualifikasi MB di atas MA.
     Utk Ninja 2 tak, standar minimal utk oli transmisi yg ditetapkan pabrikan adalah MA, dg kata lain kalo bro mo pake yg MB ya silakan aja.
  • Mesin bensin 2 langkah (oli samping)
     Ada 4 spesifikasi:
     JASO FA ---> sudah tidak digunakan
     JASO FB ---> spesifikasi di atas FA
     JASO FC ---> spesifikasi di atas FB
     JASO FD ---> spesifikasi di atas FC
     Utk Ninja 150, oli samping yg dipersyaratkan oleh pabrik adlh minimal FC. Dg kata lain klo bro mo pake oli samping dg spek FD, silakan saja.

3.      ISO (International Standards Organization), bermarkas di Eropa
 Mengatur standar utk banyak hal. Aq bahas yg standar utk oli samping aja. Ada 3 spesifikasi:
ISO-L-EGB ---> memiliki persyaratan yg sama dg JASO FB
ISO-L-EGC ---> memiliki persyaratan yg sama dg JASO FC, di atas ISO-L-EGB
ISO-L-EGD ---> memiliki persyaratan yg sama dg JASO FD, di atas ISO-L-EGC
Berhubung standar ISO & JASO sama, maka utk Ninja 150, oli samping yg dipersyaratkan oleh pabrik adlh minimal ISO-L-EGC. Dg kata lain klo bro mo pake oli samping dg spek ISO-L-EGD, silakan saja.

4.      SAE (Society of Automotive Engineers, Inc.)
 Standar ini mengatur viskositas (tingkat kekentalan) oli. Hanya mengatur untuk oli mesin 4 langkah dan oli transmisi 2 langkah. Semakin besar angka indeksnya, makin kental olinya.
Ada 2 spesifikasi viskositas:
  • Monograde
     Oli ini hanya memiliki 1 tingkat kekentalan pada semua suhu. Contoh SAE 10, SAE 20.
  • Multigrade
     Oli ini memiliki tingkat kekentalan ganda/bervariasi tergantung suhu. Pada suhu dingin oli ini akan encer dan pada suhu tinggi akan kental. Contoh SAE 10W 40, SAE 20W 50. "W" adlh singkatan dari winter.
     Berbeda dg standar2 yg lain, oli yg encer blm tentu lebih bagus drpd oli yg kental dan sebaliknya. Dg kata lain blm tentu SAE 10W 40 lebih baik drpd SAE 20W 50, begitu juga sebaliknya. Tergantung dari persyaratan yg diminta oleh        masing-masing pabrikan utk tiap produknya.
     Utk oli transmisi Ninja 2 tak, yg disyaratkan oleh pabrikan adalah multigrade 10W 40.

KESIMPULAN: 
Utk bisa memilih oli yg baik utk motor kita, hal yg hrs diperhatikan adlh:
  1. Spesifikasi oli yg disyaratkan oleh pabrikan. Cek ke buku manual.
  2. Spesifikasi oli yg tertera di kemasan oli.
Pastikan bhw oli yg kita pilih memenuhi standar minimal yg ditetapkan pabrikan. Lebih dari itu ya lebih bagus. Sesuaikan dg budgetnya... hehehe...

Sebagai contoh: oli samping yg paling bagus tentunya yg memiliki kualifikasi API TD, JASO FD, ISO-L-EGD. Kualitas berikutnya (yg dibawahnya) tentu yg berkualifikasi API TC, JASO FC, ISO-L-EGC. Lihat di kemasannya.
Sedangkan utk oli transmisi, yg paling bagus tentu yg berkualifikasi API SM dan JASO MB. Kualitas berikutnya (yg dibawahnya) tentu yg berkualifikasi API SL dan JASO MA.
Utk Ninja 150, oli samping yg berkualifikasi API TC, JASO FC, ISO-L-EGC sudah memenuhi persyaratan minimal oli samping. Sedangkan utk oli transmisi, oli dg kualifikasi SL atau JASO MA sudah memenuhi persyaratan minimal yg ditetapkan oleh pabrik. SAE utk oli transmisi Ninja 150 adlh SAE 10W 40. Utk merknya, terserah saja.

Hal lain yg harus diperhatikan adlh bahan dasar pembuat oli. Ada 3 macam: mineral, semi sintetik dan sintetik. Yg paling bagus adalah yg sintetik, apalagi kalo utk oli samping. Diikuti oleh semi sintetik dan mineral. Utk Ninja 150, semi sintetik sudah memenuhi kebutuhan minimal. Tp klo punya budget lebih, boleh aja beli yg sintetik.

Masih ada hubungannya dg bahan dasar oli: jgn menggunakan oli racing utk pemakaian harian. Oli racing terbuat dari castor oil/minyak jarak. Oli ini hanya utk sekali pemakaian. Selesai balap semua bagian mesin yg terlumasi hrs dibongkar dan dibersihkan, mulai dari blok silinder sampai ke crankcase. Krn castor oil akan mengerak dan lengket seperti gum.

Tabel dibawah ini utk mempermudah dlm memilih oli dg spesifikasi yg tepat utk Ninja 150:

Oli Samping
Specification       API        JASO        ISO
Good                   TC           FC      ISO-L-EGC
Best                    TD           FD      ISO-L-EGD

Oli Transmisi
Specification       API        JASO        SAE
Good                    SL           MA       10W 40
Best                     SM          MB        10W 40

Yg terakhir: semua yg kita bahas di atas akan sia-sia kalo ternyata oli yg kita beli palsu… jadi, hati-hati dlm membeli oli…

NC Bayu

3 komentar:

  1. jd oli ap yg enk dipkai untuk harian
    skrng ini bnyak org kbnykn nyri bau asap oli 2 tak yg wangi
    tp klo wngi itu kn blom tntu bgus untk mtr
    kesimpulannya
    oli ap yg bgus untuk mtr 2 tak dn yanng bau asapnya wangi

    BalasHapus
  2. pake oli transmisi bawaan dialer kawasaki is recommended.
    trus untuk oli samping pake United racing 2t - Fully synthetic.

    BalasHapus