Langkahnya:
- Langkah 1,2,3 sama dg yg dibahas di Artikel Bagian I.
- Pake kunci ring 10 buat buka skrup pengunci batang pemutar katup SKIPS. Utk buka, puternya ke KANAN (kebalikan skrup biasa). Cuma ada 1 skrup saja, di sebelah kanan mesin (Gbr 1). Kemudian copot gear di batang pemutar katup SKIPS.
- Pake kunci ring 8 buat buka rumah SKIPS. Utk buka, puter ke KIRI (kayak skrup biasa). Ada 2 skrup, di kiri & kanan rumah SKIPS (Gbr 2). Sesudah skrup terbuka, utk mencopot rumah SKIPS, congkel pelan2 pake obeng minus.
- Buka skrup pengunci gear mekanis katup SKIPS pake kunci ring 10. Utk buka, puter ke KANAN. Ada 2 gear mekanis katup, kiri & kanan (Gbr 3). Kemudian copot gear mekanis dari dudukannya.
- Ingat bahwa nanti pada saat memasang gear kembali, ada titik2 yg hrs diperhatikan. Titik2 ini hrs saling bertemu pada saat dipasang nanti (Gbr 4).
- Bersihkan pake carb cleaner sampe bener2 kinclong: gear mekanis (3 buah – yaitu 2 gear katup SKIPS & 1 gear pemutar katup SKIPS), rumah SKIPS (bagian atas mesin), tutup rumah SKIPS
- Buka skrup pengunci batang katup pakai kunci L 5. Membukanya ke arah KIRI. Ada 2 buah, di kiri & kanan (Gbr 5). Copot pengunci tsb dg menggunakan obeng minus. Utk mencongkelnya, ada dudukan di sebelah dpn pengunci tsb.
- Pasang kembali skrup ke batang katup. Gunanya sbg dudukan utk mengungkit batang katup SKIPS keluar dari dudukannya. Gunakan obeng panjang atau kunci T atau apa saja terserah utk mengungkit batang katup tsb. Lakukan dg hati2 (Gbr 6).
- Skrg kita sdh mengeluarkan batang katup SKIPS. Terdiri dari 2 bagian, yaitu batang katup itu sendiri dg katup SKIPS di bagian bawahnya (yg berwarna oranye) & selongsong batang katup tempat berputarnya batang katup (gbr 7). Keluarkan selongsong dari batang katup. Pembersihan dilakukan dg menyemprot carb cleaner ke katup SKIPS yg berwarna oranye. Tunggu sbntr sampe cairan meresap dan kerak melunak. Kerak tsb bisa kita bersihkan dg amplas halus. Perhatikan bhw amplas hanya boleh digunakan di katup ini. TIDAK BOLEH digunakan pada batang katup dan bagian dalam selongsong katup, krn bisa menyebabkan baret yg bikin perputaran seret. JANGAN menggunakan thinner utk membersihkan selongsong katup krn bs menyebabkan karet seal melar shg getas/gampang sobek. Bersihkan dg menggunakan carb cleaner atau engine degreaser.
11. Beri high temp grease secukupnya pada batang katup. Knp hrs pake high temp grease? Dari namanya juga udh tau jawabannya kan? Abis itu pasang selongsongnya kembali. Pasang kembali batang katup berikut selongsongnya ke lubang dudukan. Pukul pelan pake palu karet atau palu biasa tp jgn langsung, pake gulungan kain utk menutupi batang katup supaya tdk rusak wkt diketok. Ingat: ngetoknya pelan aja, yg penting masuk.
12. Pasang kembali semua part dg langkah kebalikan di atas.
Asyik kan? Dgn tau langkah2 di atas kan bisa ngebersihin sendiri & hemat biaya. Atau klo pas ga ada wkt buat bersihin SKIPS sendiri, setidaknya wkt di bengkel ga bakal dikibulin ama mekanik. Jgn mau klo mekanik cuma copot kuping SKIPS kanan kiri trus bersihin aja (soalnya aq juga prnh ngliat mekanik bengkel resmi cuma nglakuin ini buat bersihin SKIPS). Klo gitu aja sih anak SD juga bisa. Suruh mekanik bongkar sampe ke katup/valve SKIPS & bersihin, jgn lupa minta diksh grease juga. Pelototin juga dia pake high temp grease atau ga...
Terakhir, pembersihan seperti ini bisa dilakukan 2-3 bulan sekali atau bahkan lebih atau tergantung kebutuhan. Ini juga tergantung pada kualitas olsam yg dipakai, jam terbang (ninin yg keluar cuma pas weekend ama yg tiap hari beredar tentu berbeda) dan kondisi jalan yg dilewati (semakin sering nglewatin jln berdebu, hrs semakin sering dibersihkan).
Mas Bro,, mohon link tuk pesan klep SKipsnya. si Ijo ane brisiiik amat Skipsnya.
BalasHapusalnya ane di Blikpapan, stok kosong dimana-mana..
thnks,
mail: sepenate.gati@gmail.com
Gan gmna kalo gear spr kips pada gbr nmr3 ga ada atau ga berfungsi Pengaruhnya apa ya
BalasHapus