Senin, 27 Juni 2011

Kenapa Oli Palsu Berbahaya Bagi Mesin?

Oli palsu dibuat dari oli bekas yang dimurnikan. Pertama dicampur abu untuk memisahkan oli dari gram besi dan jelaga. Setelah bbrp hari kotoran mengendap dan oli dipisahkan. Langkah berikutnya oli dicampur air accu (H2SO4) sehingga oli menjadi bening lagi. Untuk memisahkan oli & air accu, maka langkah terakhir adalah direbus hingga asam sulfat menguap. Tapi masalahnya sulphur yg ada tidak bisa hilang.
Sulphur inilah yg berbahaya bagi mesin. Spare part mesin bisa tidak awet karena teroksidasi sulphur.
Terus gimana caranya mengetahui mana oli asli & mana yg palsu? Secara kasat mata, jelas sulit. Apalagi skrg pemalsu oli udh makin lihai. Bahkan oli palsu pun bisa keliatan bening/jernih.

Yg bisa kita lakukan:
  1. Beli di tempat yg bisa dipercaya. Bisa di distributornya langsung atau toko besar yg udh punya nama. Untuk distributor, coba cek ke website masing2 merk.
  2. Cek fisik botol. Kalo kualitas cetakan tulisannya jelek/kabur, jgn beli. Kalo kualitas segelnya jelek, jgn beli. Apalagi kalo segelnya udh kebuka.
  3. Cek fisik oli. Kalo agak keruh atau ada butiran kotor, jgn pake. Bandingin juga dg oli yg sblmnya dibeli. Tanya juga ke temen yg kebetulan pake oli dg merk sama.
Tentu saja cara2 tsb juga tidak bisa menjamin 100%, tp setdknya mengurangi kemungkinan kita ketipu…. Kalo yg bisa menjamin 100% ya tentu saja test lab…
Bro2 sekalian ada yg bisa nambahin tips diatas? Monggo…

NC Bayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar