Menutup HSAS pada Ninja 150 R/RR
oleh NINJA COMUNITY pada 18 April 2011 jam 16:22
Ninja 150R/RR generasi 2006 ke atas (kalo ga salah) sudah dilengkapi dengan HSAS (High performance Secondary Air System), teknologi yang membuat Ninja 150 R/RR lebih Ramah lingkungan.
HSAS bekerja dengan menyuntikkan udara bersih ke dalam exhaust chamber/saluran buang yang menjadi muara gas buang dari ruang bakar melalui mekanisme reed valve (katup buluh) yang membuka pada saat tekanan dalam chamber rendah dan masuk ke knalpot melalui valve SKIPS saat RPM rendah (<7000 RPM)
Gas hasil pembakaran mengandung CO (karbonmonoksida) dan HC (hidrokarbon). Fungsi utama HSAS adalah membantu catalytic converter untuk memurnikan gas2 tsb. O2 yg disemburkan HSAS akan membuat CO menjadi CO2 dan HC menjadi H2O.
Tapi itu di Ninja knalpot standar. Gmn kalo Nininnya udah pake knalpot racing atau knalpot standar tp udh dibobok alias catalytic converternya udh ga ada? Klo mnrtku sih HSAS jadi ga efektif lagi. Pengalamanku & temen2 yg lain dg menutup HSAS akselerasi di RPM bawah jadi lebih “berisi”.
Caranya? Macem2. Yg paling umum & praktis ya sumbat aja lubang inletnya pake baut atau karet atau apalah yg penting bisa nutup lubangnya.
Cara lain bisa juga dengan menutup pergerakan katup buluh atau meluruskan pembatas gerak katup sehingga tidak bisa memasukkan oksigen ke exhaust chamber. Tp aq blm prnh coba cara ini… hehehe… klo ada yg mau coba, boleh di post di sini…
Udh aq coba dan hasilnya tenaga bawah jadi mantep (dg knalpot racing). Tp klo msh pake knalpot standar sih perasaan ga ada bedanya… :-)
NC Bayu
HSAS bekerja dengan menyuntikkan udara bersih ke dalam exhaust chamber/saluran buang yang menjadi muara gas buang dari ruang bakar melalui mekanisme reed valve (katup buluh) yang membuka pada saat tekanan dalam chamber rendah dan masuk ke knalpot melalui valve SKIPS saat RPM rendah (<7000 RPM)
Gas hasil pembakaran mengandung CO (karbonmonoksida) dan HC (hidrokarbon). Fungsi utama HSAS adalah membantu catalytic converter untuk memurnikan gas2 tsb. O2 yg disemburkan HSAS akan membuat CO menjadi CO2 dan HC menjadi H2O.
Tapi itu di Ninja knalpot standar. Gmn kalo Nininnya udah pake knalpot racing atau knalpot standar tp udh dibobok alias catalytic converternya udh ga ada? Klo mnrtku sih HSAS jadi ga efektif lagi. Pengalamanku & temen2 yg lain dg menutup HSAS akselerasi di RPM bawah jadi lebih “berisi”.
Caranya? Macem2. Yg paling umum & praktis ya sumbat aja lubang inletnya pake baut atau karet atau apalah yg penting bisa nutup lubangnya.
Cara lain bisa juga dengan menutup pergerakan katup buluh atau meluruskan pembatas gerak katup sehingga tidak bisa memasukkan oksigen ke exhaust chamber. Tp aq blm prnh coba cara ini… hehehe… klo ada yg mau coba, boleh di post di sini…
Udh aq coba dan hasilnya tenaga bawah jadi mantep (dg knalpot racing). Tp klo msh pake knalpot standar sih perasaan ga ada bedanya… :-)
NC Bayu
Om mau nxk kl menggunakan kenalpot racing tp gak nyumbat HSAS gmna om,apa g pengaruh ke lainnya,,
BalasHapusMohon infonya om,trima kasih.
Aq tutup HSAS malah gg enak motornya,RPM rendah suara n tenaga malah hilang,suaranya mendem gg los..tp emng klo ditutup suara mesin halus nggk kasar n gg da suara ngeng2 gt..tp gg nyaman mnrutku..
BalasHapusAq tutup HSAS malah gg enak motornya,RPM rendah suara n tenaga malah hilang,suaranya mendem gg los..tp emng klo ditutup suara mesin halus nggk kasar n gg da suara ngeng2 gt..tp gg nyaman mnrutku..
BalasHapusKlo mnurutku mesin suaranya mlh agk.ksar krna suara mesin biasax kluar lwt lobang hsas... setlah dtutp lobang hsasnya suara mesin gg bs kluar tpi gg mslah kta mekanik saia suara ksar tdi gg akan mrusak mesin ninja itu sndri...
BalasHapusKlo untuk performa tarikan agk lbh pnjang mskpn cmn dkit ntu aja mnrutku yg tyap hri pake ninja ss... trimaksih
Saya mau nutup masih ragu"mas masih mau lihat masukan dari pengguna ninja R harian lainnya dulu bang ane hehehe .
BalasHapus