Senin, 27 Juni 2011

Perbaiki Skep Nyangkut di Karbu Ninja 150

Kawasaki Ninja 150RR atau 150R memang jadi idola. Selain tampilannya sporti, performa mesinnya juga terkenal kencang. Namun beberapa kelemahan ada pada motor tersebut. Salah satunya pada karburator, terutama tipe Ninja 150RR. Saat cuaca dingin, skepnya suka nyangkut yang disebabkan adanya ruang hampa di atas skep, dan saking rapatnya tak ada jalur udara agar skep bisa naik-turun, selain itu usia pakai juga bisa jadi faktor pemicunya.

Pengabut bahan bakar dan udara buatan Mikuni itu, skepnya sudah dilapis teflon untuk mengurangi friksi. Untuk mengatasinya, cukup bikin satu lubang, posisinya di bawah skep. Sebelum bikin lubang, siapkan dulu peralatannya, yaitu bor berikut matanya ukuran 8 mm dan obeng kembang.

Pertama buka jok untuk memudahkan pekerjaan. Lalu lepas tangki bensin dari tempatnya, kemudian disusul boks filter udara. Setelah dibuka akan terlihat karburatornya, langsung saja kendurkan tutup skepnya dengan memutarnya ke arah kiri. Tarik ke atas maka skep akan keluar. Nah tinggal membuat lubang pada skep tersebut dengan bor tadi. Penempatannya bisa di mana saja, asalkan ada lubang pembuangan angin.

Kalau sudah selesai, pasang kembali perangkat tersebut seperti semula. Cek perangkat lainnya. Seperti kabel gas lancar atau tidak. Kalau seret bisa dibersihkan dengan bensin lalu diberi pelumas. Setelah itu, coba dengan mainkan grip gas sambil jalan perlahan

nc dyra

2 komentar:

  1. ganti skep stainless steel aja. saya uda pake 2 tahun plus open filter di karbu vm28 ninja rr. aman makmur sentosa :D.

    klo kesulitan bisa kontak 0817770090 268f01b9

    BalasHapus
  2. barang kali ada yang nyari karbu vm28 ori kwasaki hub: 085624143232/7eb821e2

    BalasHapus