Senin, 27 Juni 2011

cek kualitas oli

Berikut ini tips untuk menguji mutu oli samping dengan cara sederhana:
  • Campurkan 0,5 liter bensin dengan 20 cc oil samping di botol bening agar mudah dilihat. Kocok hingga tercampur sempurna. Kemudian simpan selama sehari semalam. Jika keesokan harinya campuran tersebut berubah warna, maka itu artinya olinya tidak murni. Oli samping yang bermutu akan tetap tercampur sempurna bersama bensin. Yang tadinya berwarna merah akan tetap berwarna merah. Yang tadinya berwarna hijau akan tetap berwarna hijau. Campuran oli dan bensin yang berubah warna merupakan salah satu indikasi bahwa kualitas olinya kurang bagus.
  • Cara lain adalah bakar di atas sendok makan. Jika pada saat dibakar timbul gelembung udara cukup banyak, berarti kualitasnya jelek. Oli samping yang bagus gelembungnya hanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Jika pada waktu oli samping habis terbakar, sendoknya menjadi agak hitam berarti kualitasnya jelek. Oli samping yang bagus mudah terbakar dan tidak meninggalkan warna hitam di sendok.
Gitu bro, semoga membantu…

NC Bayu

1 komentar:

  1. menurutku,oli yang terbaik buat si ninja motul 510 2t.di semarang harga 85rb / botol.harga disana kisaran berapa..?? thnkz

    BalasHapus