Senin, 27 Juni 2011

daftar oli samping (2T)


Ini bukan promosi oli lho ya... Ini cuma sekedar buat pengetahuan aja ttg oli samping yg beredar di pasaran. Aq udh coba browsing kesana kemari buat nyari oli samping (olsam) berdasarkan bahan pembuatnya (mineral, semisintetik, sintetik). Hasilnya spt yg dibawah ini. Tapi mungkin msh ada bbrp merk & tipe olsam dipasaran yg blm tercantum disini. Kalo temen2 ada yg bisa nambahin, silakan post aja. Trus ada juga bbrp yg aq juga ragu apakah olsam ini sintetik atau semisintetik. Kalo diliat dikemasannya sih tulisannya sintetik, tp kalo diliat dari harganya yg berkisar 50-60 ribu kayaknya semisintetik. Contoh: Total 2T Hi-Perf Full Synthetic JASO FD, Gasoli 2T Super Sporty G1000 API TC, STP 2T Low Smoke Perfumed Synthetic JASO FC. Ini mengingat Motul 510 yg harganya lebih mahal aja cuma semisintetik. Mungkin ada temen2 yg bisa kasih konfirmasi? Silakan saja...
Ada juga olsam sintetik yg aq ragu apakah racing only atau bisa dipake harian. Contohnya Silkolene 2T Comp Plus Electrosyntec Sythentic Ester JASO FD. Kayaknya sih bisa dipake harian, cuma harganya amit2...
Sebenarnya sih msh ada seabrek olsam lain yg blm tercantum disini. Di daftar yg dikeluarkan JASO aja disitu ada 431 tipe olsam dari berbagai merk & udh pasti sebagian besar ga dipasarkan di Indonesia. Di daftar di bawah ini pun mungkin ada bbrp olsam yg juga susah dicari di pasaran. Ada juga paling di Kaskus. Aq juga ga mencantumkan olsam genuine oil dari pabrikan motor yg lain kecuali Kawasaki. Soalnya Honda, Suzuki, Yamaha, Kymco, Husqvarna, bahkan pabrikan India pun punya olsam genuine mereka sendiri...
Pokoknya utk Ninja kita yg direkomendasikan adalah minimal semi sintetik dan JASO FC. Jangan pake olsam racing buat harian (ttg hal ini bisa dikonfirmasi ke buku manual).

Terakhir, kalo ada kesalahan dlm penggolongan olsam ini, mohon dikoreksi...

Mineral
  1. AGIP 2T JASO FB
  2. Castrol GO! 2T JASO FB
  3. Evalube 2T API TB
  4. Shell Advance SX JASO FB
  5. Total 2T Special API TC JASO FB

Semi Synthetic
  1. AGIP City 2T JASO FC
  2. AGIP 2T F1 Semi Synthetic JASO FC
  3. ARAL 2T Basic Energy JASO FC
  4. Castrol Activ 2T Low Smoke JASO FC
  5. ELF IndoOil CX800 2T Smokeless Perfumed Semi Synt JASO FC
  6. ELF 2T Moto Sport SP Semi Synthetic JASO FC
  7. Eneos 2T City Semi Synt JASO FC
  8. Fuchs Comp-2 Injector JASO FC
  9. Gulf Power Trac 2T JASO FC
  10. Idemitsu Racing 2T Semi Synthetic JASO FC
  11. Idemitsu Extreme Semi Synthetic JASO FC
  12. Kawasaki Genuine Oil 2T Semi Sinthetic JASO FC
  13. Motul 510 Technosynthese JASO FD
  14. Nixol 2TRX Semi Synthetic JASO FC
  15. Petronas Sprinta 2T 4000 Synthetic Blend JASO FC
  16. Scorpion Biker 2T Smokless Perfumed Semi Synt API TC
  17. Shell Advance VSX JASO FC
  18. SPC 2T Special Super Perfumed API TC
  19. SPC 2T Alpha Super Perfumed JASO FC
  20. SPC 2T-S Perfumed JASO FC
  21. Total 2T Grandprix API TC
  22. Total 2T Racing API TC
  23. Valvoline 2T API TC

Synthetic
  1. AGIP 2T Speed Full Synthetic JASO FC
  2. Bardahl 2T Synthetic JASO FC
  3. Castrol Power 1 JASO FD
  4. Gasoli 2T Super Sporty G1000 API TC
  5. Motul 710 100% Synthese JASO FD
  6. Motul 800 Offroad Factory Line Ester 100% Synthese
  7. Petronas Sprinta 2T 5000 100% Synthetic JASO FC
  8. RedMax ProBlend 2 Cycle Engine Oil JASO FD
  9. Repsol 2T Syntetico API TC JASO FC
  10. STP 2T Low Smoke Perfumed Synt JASO FC
  11. TOP 1 2T Synthetic Low Smoke
  12. Total 2T Hi-Perf Full Synthetic JASO FD
  13. Vistra 2T 500 Full Synthetic JASO FC

Synthetic - Racing Only
  1. Castrol A747 Castor
  2. Castrol TTS 2T Full Synthetic Racing
  3. IP Sintiax Max Competition 2T
  4. Motul 800 Road Racing Factory Line Double Ester 100% Synthese
  5. Silkolene 2T PRO2Electrosyntec 100% Synthetic Ester
  6. Silkolene 2T Comp Plus Electrosyntec Sythentic Ester JASO FD
  7. Shell Racing X 2T

Wassalam
NC Bayu

150 komentar:

  1. kalo ninja r .,pake shell bagus g brow?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo ninja rr pke oli evalube 2T API TB bgus ndk gan

      Hapus
  2. Shell Advance VSX JASO FC.. cocok mnrut saya tuk kegunaan sehari hari

    BalasHapus
  3. saya pakai motul 510 bagus ngak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang. Kalau pake olsam Castrol low smoke bagus gak bang?
      Balas :)

      Hapus
    2. bagus bang saya pakek itu kalau gak shell vsx

      Hapus
  4. enviro bagaimana mnurut agan???

    BalasHapus
  5. bagi saya siiih yang ckup baik untuk sii ninja
    dan baik bagi kantong, pake olsam castrol activ 2T low smoke,jaso FC
    karna oli stndrt pabrikan kawasaki yang 2T ,(KGO,JASO FC) ,trus oli mesin ,pake castrol activ ...jadi 1 merk lebih baik
    dari pada ,olsam & olmes lain-lain pabrikan, blum tentu ,bisa bekerja
    seimbang,karna dari olmes & olsam, berbeda pabrikan atau merk......
    THNK'S . . . . ^_^''

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut ane gan, olsam ma olmes beda ga masalah, soalnya emang mereka ga kerja barengan, olmes mah cuma mandiin blok kopling doangan..

      Hapus
    2. Yg penting ori dan tetep setia dg 1 merk

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oli samping yang bagus menurutku adalah motul 510 2T.pke knalpot racing n oli diborosin dkit aj..tuh asap dkit bgt keluarnya.aplgi pke stelan standart..?? oli jenis ini memang sempurna menurt saya,karena dibakar tidak meninggalkan kerak pada sendok.boleh di cek deh...tuang ke sendok makan lalu bakar aja ampe habis.bisa di bedakan antara LANGES/bekas asap hitam ( bhs.jawa )dan kerak sisa pembakaran.silahkan di coba...dan bandingkan dengan oli samping merk lain.

      Hapus
    2. Mending idemitsu gan... Sy udah ganti berbagai macam oli tapi mesin ttp berkerak., kips macet ... Mending idemitsu recing
      , klo mau lebih bgus lagi yah motul atau agip racing...

      Hapus
    3. Mending idemitsu gan... Sy udah ganti berbagai macam oli tapi mesin ttp berkerak., kips macet ... Mending idemitsu recing
      , klo mau lebih bgus lagi yah motul atau agip racing...

      Hapus
  7. kalo oli yang bikin gak ngebul ada gak gan plus wangi buat ninja RR
    ..?

    BalasHapus
  8. Gan, ane mau nanya nih.. lampu indikator oli samping, kalo nyala itu nunjukin oli udah habis sama sekali, atau oli masih sisa sedikit??

    rr ane kehabisan oli samping gan, trus ane gak sadar, ane gerung2in waktu manasin, trus ane juga kebut2an.. sampai ane nyadar, ternyata dari manasin tidak keluar asap, dan lihat lampu indikator udah nyala...

    mesin ane juga kedenger tek tek gitu, itu tandanya apa ya??

    apakah mesin rr ane udah kena> dan seberapa parah kalo kena?
    soal lari, ane rasa masih bisa ngacir gan, meski nda tahu nyampe 180 km or kagak??

    makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di check aja dulu ke-bengkel kalau bunyi tek tek tek gitu biasanya seher, block atau lengan ayunnya dah kena alias bengkok

      Hapus
  9. bos kalo RR ane banyak asapnya biar mesinnya udah panas. makin lari waduhhh pada blepotan orang dibelakang. gmn caranya yah bos biar gak berasap gitu? trus olsam biasa 3 hari ajha dah stengah. padahal ane gak ngebut2an kok.. tolong infonya yah bos.

    BalasHapus
  10. ada yg udah coba oli yamalube 2M outboard untuk oli samping ?

    katanya sich bagus

    BalasHapus
  11. Kalau ane she tetep pake castrol 2t..
    menurut ane pake olsam castrol 2t tarikan nya lebih terasa beda nya drpda olsam biasa....
    Thanks...

    BalasHapus
  12. laa oli samping ku ko sampe 3 minggu ya bertahan ??? padahal satu liter, apa kesumbat ini ya jangan2 ???!!!

    BalasHapus
  13. Idemitsu Racing 2T Semi Synthetic JASO FC
    bagus tuh

    BalasHapus
  14. block gua udh minta ganti/udh kena

    kalo bleh tau brapa biaya ganti block selruhnya dgn piston,semua biaya jadi aku tinggal pakai atau terima bersih...??

    answer please

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung motornya gan... RR ap R klo estimasi total kira2 klo sesluruhnya kira2 3-4 jt itu.....

      Hapus
  15. ini smua bahan2 ori dr sorum ya
    blok std 1.950
    piston 210rb
    range piston 125rb
    pen piston 37rb
    leher bambu 48rb
    oring 12 5biji 10rb
    packing blok 21rb
    blm ongkos pasangny bos..kisaran lebih kurang 2.500 jadi

    BalasHapus
  16. yg diatas buat super kips bos..kalo yg kiss palinga beda beda tipis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan minta masukan dong,super kips ane sering bngt macet,baru di servis dapet 2 hari ttp aja macet,thx

      Hapus
    2. Ganti oli samping pake idemitsu gan, sy udah coba semua oli idemitsu yg pling bgus soalny tdk bikin mesin berkerak dan juga tdk membuka kutub kips macet.... Kips sering macet it pengaruh oli samping Gan.

      Hapus
    3. Ganti oli samping pake idemitsu gan, sy udah coba semua oli idemitsu yg pling bgus soalny tdk bikin mesin berkerak dan juga tdk membuka kutub kips macet.... Kips sering macet it pengaruh oli samping Gan.

      Hapus
    4. Dipanasin bro pagi2, di geber gasnya lebih dari 7000 mph,

      Hapus
  17. klo pakai oli orange gmana boss baunya tu lho yang enak...kaya jeruk...bagus gak ya....by heru jogja

    BalasHapus
  18. ane make orange juga gan, mantebh kok

    BalasHapus
  19. Dsni ada yg punya oli samping SPC alpha gak ya??? Klo ada contact ane 08176000116
    Thx

    BalasHapus
  20. Klo gw pke pertamina enviro 2t.d jmin super kips g bkal nyangkut.qt untung bngsa untung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama fiz r aku tahun 03 juga pakek enviro, tp olinya sekarang jarang apa udah di kurangi produksinya?aku belinya di giant harga32rb.

      Hapus
  21. Untuk Olsam,sy pake merk Agip Recing / Speed meskipun harganya lumayan mahal namun tenaga terasa lebih ringan dan Kips lebih awet, Jadi para bikers yg Kips motornya sering macet, Silahkan coba oli tsb. Slam kenal to all

    BalasHapus
  22. Bro mau tanya ini untuk pengisian Oli samping,
    Ane tadinya pake Idemitsu, terus mau berganti ke motul 510 2T, itu langsung di campur atau nunggu yg Sebelumnya Habis ya?? atau harus di kuras dulu??

    Thanks Brother....

    Salam 2 Tak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ane langsung aja gan... tp nunggu oli tinggal dikit... tp jangn sampai ada udara yg masuk/ kehabisan oli... akibatnya bisa fatal dan piston jd macet / ngerusak mesin.

      Hapus
  23. mantap ulasannya bro, kalo oli mesin biasanya sy pake FK Massimo terasa halus bro

    BalasHapus
  24. Bro ninja r ane sblmnya pake olsam shell,sekarang pake orange,bagusan mana ya bro ? Atau mungkin ada recomen olsam lain yg bagus buat si ninja ? Tolong jawabannya,salam 2 langkah broo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane biasa pake idemitsu racing gan harga 4#rb...tp ini ane pengen nyoba naik kelas dikit sapa tau bner2 lebih enak tp msi bingung SPC apa Total racing..

      Hapus
    2. coba aja pake IDEM yang Racing gan

      Hapus
  25. Bro,SPC sama total racing 2tak bagusan mana??jgn bandingin dr harga sama wanginya yah,yg saya tanyain kemampuannya memproteksi mesin dr gesekan bro..thx..

    BalasHapus
  26. Saya pake oli samping shell vx yg harganya 28 rebu, trus settingan pompa olsam nya di borosin lagi (agak banyakan nyetting nya) mesin udah korekan, eksos kips dua dua nya di angkat 2mm, main eksos standar dar dar, head juga kena papas 0,5 mm, adem adem aja tuh gak ada masalah, mesin juga dingin aja di ajak macet2an ampe 4 jam, jadi brader semua jangan pelit buat ngasih takaran oli samping lebih banyak pada si ninin, boleh di bilang lbh banyak positif nya, mesin adem, piston gak cepet kena, super kips lancar jaya aman sentosa !!
    Thx
    Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  27. yg penting oli samping tuh jangan terlalu irit,,
    boros lebih bagus apalagi pemakaian jarak jauh,,
    kalo super kips pngen lancar bawa kenceng motornya,, jngan takut rusak,,
    kalo engga stiap pagi gerungin sampe 8rb RPM,,

    BalasHapus
  28. agan kncomunity saya noxiz dri ninja association bogor ane punya masalah ne di pendingin ane motor cepet panas knp ya? dah di service begkel resmi ato bengkel biasa tetep aj radiator dah di service bersih? info ya gan,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan sya coba bantu , sya dlu sperti agan cpet panas / high temp padahal baru bbrapa km , saya kira dari radiator , sampe d kuras / tp tetep juga , trus ambil spekulasi dari bahan bakar , sya pake perta + , sya coba turunkan jd pertamax biasa , tp ttep masi gada kemajuan , dan ternyata masalahnya ada di pilot jet + main jet , stelah saya perbesar masalah hilang gan . (Bukanya settingan awal saya terlalu irit , tp tadinya itu settingan sudah pas , sya pake karbu pwl 33) mesin Por+pol . Hhe smoga membantu.

      Hapus
  29. penyebab..... olsam tiba2 boros (ngebul ga karuan) knp broo.... ada yg tau ga???? tanks....

    BalasHapus
  30. Numpang nanya inii ya
    Motor saya kan ninja RR 150 yang keluaran baru ini
    Umpama di kasil olsam maxsima gmn?
    Bagus kagak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. recomended sih om. cuma harganya sekitar 400-500 rb

      Hapus
  31. Gan ane ganti olsam langsung gitu biarpun ganti merk olsam
    Apa ada caranya isi ulang olsam

    BalasHapus
  32. olsam yang wangi itu selain merk orange , merk apa ya gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tuh top 1 LS yg baru gan Jaso FC cuma kualitasnya ane blm pernah nyaoba

      Hapus
    2. ane juga pemakai olsam Orange bro. tapi mau ganti olsam
      mau nanya nih, Motul sama Eneos wangi gak bro dan nyaman dimesin enggak?

      Hapus
    3. Kalau olsam orange tutup item sama tutup yg sama persis sama botolnya apa bedanya gan, info thnks

      Hapus
  33. Motul Road racing 800 di pake harian bisa ga

    BalasHapus
  34. Motul road racing 800 di pake harian bisa ga buat di rr

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja gan cuman kuat duinya aza... yang Road Race kl ga salah hampir 300rb..

      Hapus
  35. Bagus banget om. Sangat bagus buat mesin dan sangat jelek di isi kantong. Yang 510 pun udah recommended om

    BalasHapus
  36. bro, bagi pengalamannya ya. ninin ane pake olsam Orange dengan spesifikasi olsam (API TC, JASO FC, & TISI LEVEL) ane pengin ganti olsam nih, menurut bro bro yg ada disini olsam yg nyaman dan wangi buat ninja rr selain Orange apa ya? niatan ane sih pengin ganti ke Eneos atau gak ya Motul

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut testimoni ane nih ya oli samping orange kotor kips ane sempet macet gara gara tuh olsam. sampe ane ngejudge orange itu olsam pespa (maap :v) kalo agan mau mending ganti motul. ebenernya eneos sama motul sama aja sih cuma kalo eneos agak susah di cari CMIIW :D

      Hapus
  37. gan kalo pertama motor dating dri dealer itu musti harus di isi olsam ta? mohon pencerahanya newbi gan :D terima kasih

    BalasHapus
  38. Gasoli G-1000...
    Shell VSX 2T (cuman lagi rebranded belum tau namanya apa)...

    rata" di tempat ane pakainya 2 merk diatas...

    BalasHapus
  39. Gan, ninja rr ane olsam motul 510, dan olmes enduro racing 4t kira kira bagus ga yah? Klo ane pernah pake olsam orange, rpm bawah sama tengah beberebetan gan, karbu juga suka jadi cepet kotor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga ngefek bro sama aja, oli mesin dan oli samping berbeda fungsi. kalo oli mesin buat melumasi kampas kompling, yang penting pokoknya motor 2 tak itu ya olsamnya hehe

      Hapus
  40. kl masih reyen boleh digerungin ampe 8ribu rpm gan ???

    BalasHapus
  41. Gan aku mau nanya kalau oli samping benar" habis...gimna ya...
    .soalnya motor aku gk tau udah bnar" hbis apa belum soal.a suara mesin masih normal kya biasa.a trus knalpot jga gk ngebul...
    .cba tolong bantuan.a apa ada tanda" lain selain itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesin bisa cepet panas bro dan tarikan juga ndut"an dan suara seher lama" akan berisik

      Hapus
  42. Ninja 2 tak itu meskipun baru dari dealer boleh aja langsung digeber, borosin olsam biar piston gak baret.
    soal olsam apa yg bagus, yg penting jgn pake mineral atau FB... mesin ngerak dan ngebul parah..pakai olsam atau olmes sesuaikan dgn karakter motor kita dan juga dompet..
    bagi yang belum tau cara setel olsam, carilah di google.. banyak kok kalau mau berusaha..
    thanks

    BalasHapus
  43. Yang tau jual Olsam SUNRICE RACING di wilayah jkt barat dimana yah.... thanks

    BalasHapus
  44. Cara bedain oli mesin sama oli samping gmana ya??trus penggantian periodik oli mesin tiap brapa km??maklum newbie...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedain oli samping dan oli mesin itu dari botolnya aja mas.kalau oli samping ada tulisan 2T dan kalau oli mesin ada tulisan 4T.
      Penggantian oli mesin setiap Per 2500 Km (untuk 2 tak).

      Hapus
  45. Klo pke shell advance sx jaso fb bagus ga gan?

    BalasHapus
  46. Ane sih setia ama castrol klo lg bnyak uang ya motul. Trus si ninin kasih minum ya pertamax plus. Udh dri dlu gan ane dr rx-king smpe skrng ninja gtu terus. Alhamdullilah ga lernahbrewel wlpun jrng d service. Tenaga pun jga masih bisa narik di atas 170 /kpj

    BalasHapus
  47. Jawa tengah wonogiri yg jual oli motul 510 dmana? Brg kali ad yg tau

    BalasHapus
  48. Klo pake oli shell buat ninja r bagus gk ya

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Olsam dan olmes yg bagus untuk ninja rr apa yaa?

    BalasHapus
  51. Klo olmes motul 5100,terus olsam motul 510 bagus gak gan,up please...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus banget tuh bro....tp dompet jg harus bagus, kalo buat harian sih ane saranin mending recmd pabrikan aj kgo

      Hapus
  52. Ninja SS saya pake oli mesin motul 5100+oli samping mobil 1 +pertamax plus jd enteng bgt larinya..

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Kalau buat hari hari idetmitsu racing 2t fc bagus gak gan buat ninja rr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus gan, sy udah coba merk oli yg harga di atas 100 rb masih kalah sm idemitsu yg harga nya di daerah sy cm 60 rb... Mesin tidak ada kerak sm skali... Kips juga tdk pernah nyangkut lagi.... Wktu memakai merk oli yg harga di bawah 40 kips sy macet terus dan kop, katub kips berkerak.... Recomended lah idemitsu

      Hapus
    2. Selain it suara dari mesin lebih halus dan tarikan lebih ringan... Cm pengalaman aj hehe

      Hapus
    3. Selain it suara dari mesin lebih halus dan tarikan lebih ringan... Cm pengalaman aj hehe

      Hapus
  55. Kalau buat hari hari idetmitsu racing 2t fc bagus gak gan buat ninja rr

    BalasHapus
  56. Gan oli samping 2t yg bgs n gk nguras dompet apa yg enak di bwa harian, buat ninja R
    Thnks sebelum nya gan

    BalasHapus
  57. bos mau nnya nih,buat ninin 2015
    Klo baru dari dealer air radiator udah ada,apa harus di isi dulu bos,
    terus klo semalem aja d diemin, besoknya udah karbu dan knalpot udah penuh pertamax padahal kran tangki udah ane tutup bos, mohon solusinya bos

    BalasHapus
  58. Maaf agan" ni mau tanya...motr gue ninja rr kehabisan oli samping..Eh tiba" d liat oli mesin nya jadi putih kaya susu...Kira" apa yah penyebab nya..mhon pencerahan nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air radiatornya masuk ke dalam oli samping itu, coba cek seal pump radiatornya mungkin bocor gan

      Hapus
  59. Oli 2T untuk RR SE itu yang bagus pake Castrol Activ gan, pengalaman saya ganti2 oli pada akhirnya balik lagi ke Castrol, selain performa mesin bagus juga bertenaga.

    Kalau masalah kips macet itu penyebabnya satu aja gan (pembakaran ringan alias lari pelan atau cuma buat mejeng aja.), sebaiknya mesin 2tak itu sering di geber di atas 7000rpm (tapi bukan berarti nggeber2 mesin pada saat engine warming (manasin mesin) lho gan, soalnya beda, malah berbahaya bagi mesin kalau pada saat warming di geber2.

    Geber mesin RR nte sampai diatas 7000rpm kalau jalan lg agak sepi biar katup kips sering terbuka sempurna.
    Kalau sering terbuka sempurna kemungkinan cepet macet itu kecil sekali.

    Itu aja gan tipsnya buat RR atau R mania.

    BalasHapus
  60. Mas.ninja ss rencana mw saya isi oli smping maxima 927 bgus gx buat harian.kbr ny klo oli racing buat harian gx bgus

    BalasHapus
  61. Mas.ninja ss rencana mw saya isi oli smping maxima 927 bgus gx buat harian.kbr ny klo oli racing buat harian gx bgus

    BalasHapus
  62. jadi olsam dan olmes yg terbaik merk apa niih???
    coz lain orang lain rasa..!!

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. jadi olsam dan olmes yg terbaik merk apa niih???
    coz lain orang lain rasa..!!

    BalasHapus
  65. jadi olsam dan olmes yg terbaik merk apa niih???
    coz lain orang lain rasa..!!

    BalasHapus
  66. Kalau mesin ada suara tek tek apa ya gan.mhon info nya tankz

    BalasHapus
  67. Olsam pake motul 5100 olmes pake 510 ninin ane awet udah 6 tahun belum minta turun mesin

    BalasHapus
  68. kalo pake oli top 1 sae 20w-50 pada ninja karbu, masalah gak mas bro ??

    BalasHapus
  69. ==> Maaf cma bagi tips aja agan" smua <==
    Kalau Ninja®® yg penting pakenya bener n gk berlebihan
    1.Pakai Alat keselamatan ( Helm,Jaket,Sepatu)
    2.Pakai oli mesin yg Full Syntetic
    3.Pakai oli samping sesuai kebutuhan ( harian / tarikan )
    4.Pakai BBM Ber-oktan 90 keatas
    5.Panasin mesin sampai suhu optimal ,terus test drive
    6.Kalau ketemu jalan lurus tarik ninja®® diatas 6500 rpm ( kalau super kips gk macet pasti ada daya dorong tambahan/hentakan )
    7.Kalau macet jgn sampai dipaksain pada suhu H ( mesin bisa mati secara tiba" )
    8.Tambahan => Kalau sy pribadi tiap isi BBM full tank sy campurin 1 tutup oli samping kedalam tangki ( buat mencegah oli samping macet/telat bercampur di dlm Karburator )
    9.Cukup sekian & terima kasih

    BalasHapus
  70. Bagusan motul 800 apa castrol a747
    Untuk mesin ninja std non korekan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak disarankan pabrikan buat harian , racing only bos ,, kasian mesinnya, duitnya mending buat beli yang lain,,, pake oli 50rban macem idemitsu aja udah ngacir....

      Hapus
  71. Klo d bandung yg jual Oli samping yg kumplit dmn ya?

    BalasHapus
  72. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  73. Ane oli ny nggk aneh2 kok gan. Oli mesin pake federal 1 liter. Oli samping pake orange. Udah 2 tahun ane pke ninja ss smpai sekrng aman2 aj. Buat pacu buat santai nggk ad msalh. Superkips ane tutup terus. Tp minyk lumayan. 4 kilo 1 liter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. buset 4 kilo seliter,,, udah oprek apa aja emang rakus amat mesinnya, ane pp bekasi jakarta 70 kilo cuma abis 4 literan doang busi coklat ujungnya,

      Hapus
  74. Saya Suka sekali dengan blogg ini..
    Thanks atas infonya min

    BalasHapus
  75. Oli samping sama oli mesin yang bagus apa ya mas
    Sama motor ane kok cepat amat panas nya

    BalasHapus
  76. Bro apa ninja di tangki nya di Kasih oli samping jugaa?

    BalasHapus
  77. Bro apa ninja di tangki nya di Kasih oli samping jugaa?

    BalasHapus
  78. Om mau nanya kalau pake idemetsu 2T FC tipe semi-synthetic bagus gak motor ane ninja r tahun 2005 bingung mau pke olsam apa udh ganti2 blum ada yg pas

    BalasHapus
  79. Motul suka lengket , tp bagus , pingin coba eneos gimana suhu

    BalasHapus
  80. Motul bagus tapi klo jarang ngebut kerak banyak,eneos juga OK tapi mesin ngerak biarpun mudah dibersihkan..nurut sy yg paling Ok olsam ya idemitsu botol gold isinya warna merah bau strawberry,mesin bersiiih tanpa kerak..apalagi sering dipake gaspoll,tbh kinclong blok mesin

    BalasHapus
  81. Macem macem olsam dah sy coba,mulai yg harga ratusan ribu Ampe yg cm 20rb seliter,,ehh...kok malah cocoknya Ama Evalube pro 2T botol kuning,harga cuma 25rb dpt 700ml..ke mesin adeem,and ke tarikan juga uentee..Eeng,kalah deh Motul 510.pas nyampe 15rb km mesin sy servis total,mesin juga bersih,keraknya minim banget..hebat jg tu formula racikan Evalube..nyesel gak dari dulu sy Nemu olsam ini,udah murah bagus pula kualitasnya

    BalasHapus
  82. Motor ane satria hiu 2 tak.. pake olsam oplosan/campuran dari 3 olsam.. eneos, castrol active LS, dan TOP 1 shyntetic... yaaa iseng2 nyobain.. hasilnya lari satria hiu ane bisa tembus 145 km/jam.. dan masih bisa naik lag.. cuma dah merinding bawanya.. hahaha

    BalasHapus
  83. Disini sudah ada yang pernah pake oli samping Gasoli belum ?

    BalasHapus
  84. Klo motor ane sering perjalanan jauh. Bagusnya pake oli samping ape ya gan. Thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shell/spc/idemitsu/motul ,borosin gan olsam ny, biar dpenyok gas ny ttep langsam,g ngejim

      Hapus
  85. Om oli samping ninja r yang warna merah apa ya om?

    BalasHapus
  86. Baru Kali ini Nyoba Oli samping Idemitsu.. Mantaap!!! Enteng.. cuma masalah agak berat diTarikan Awal. selebihnya Mantap.. ditambah Pertamax Turbo.. Makin Ngacir tuh Ninin Ane..

    BalasHapus
  87. Om ko olsam ane lama ya abisnya hampir sebulan lebih baru abis katanya kalo irit2 jelek kemesin ya?

    BalasHapus
  88. Halo ndan,
    Oli untuk ninja rr 150 itu yang bagus apa ndan.
    Kan satndartnya minimal API TC. Klu di kasih jaso FC bisa apa ndak ndan.

    Mkhlum masih baru wkwkwk. Mohon informasinha

    BalasHapus
  89. agan agan ada yg punya olsam spc alpha super perfumed ga? kalo ada lempar ke saya bang. cari spc alpha susah. Harga bisa di diskusi kan WA : 085812443964

    BalasHapus
  90. kalau pakai yamalube 2T buat speedboat boleh g ya....?

    BalasHapus
  91. pakai oli yamalube speedboat boleh g?

    BalasHapus
  92. ane pake castrol activ 2t LS kalo di geber ditanjakan mesin sering ngejim .. hiks

    BalasHapus
  93. Mff master, suhu & agan2 sya mau nanya nih. Olmes ninin sya tiap mau diganti pas service ko warnany kya susu ya, pdhal dipkenya ga pernah lewat jalur banjir. Mhon infonya..

    BalasHapus
  94. Kalo pakai oli samping shell bagus gak mas? Buat ninja rr

    Mohon informasi nya om/suhu*

    BalasHapus
  95. Gan mau nanya nich, klo olsam ( idemitsu) di campur langsung dengan bahan bakar aman gak ( bbm full + 1 tutup olsam)

    BalasHapus
  96. Oli 2T Eneos bagus gak buat Ninja R ???

    BalasHapus
  97. Oli AGIP 2T smokless semi sintesis cocok gk buat ninja rr gan...mksh

    BalasHapus
  98. Kalo orange gimana bang buat si ninja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman pribadi nih.. orange lengket keraknya.. kips macet2

      Hapus
  99. Asslmualaim mas bro,,
    Mau tanya...oli samping yg bagus biwat satria hiu itu ap ap..mksi
    Mohon pencerhannya

    BalasHapus
  100. Agan2 saya mau tanya ,kenapa motor ninja ss saya kok asapnya gk wangi ya ,meski sudah pake castrol low smok ..tapi punya kawan saya bisa wangi ..karna saya baru pake 2 bulan nan ..jadi blm paham ...mohon saling sharing nya..

    BalasHapus
  101. Bos oli jenis apa yg tdk bs d pisah maksud nya mengunakan pompa oli,harus d campur kn ke bahan bakar nya...

    BalasHapus
  102. Olsam standar khan kgo, jadi klo mau beli aftermarket yg harganya sama atau lebih mahal seperti idemitsu racing, motul 510 dst

    BalasHapus