Jumat, 15 Juli 2011

sejarah sepeda motor


Banyak orang memiliki sepeda motor, tapi tahukah dari mana asal sepeda motor itu?
Bersepeda motor memang menawarkan banyak kesenangan daripada berbagai aktivitas lainnya. Jika Anda memang salah satu pencinta dan pengguna sepeda motor, pengetahuan tentang sejarah sepeda motor akan menjadi hal penting dan memperkaya ilmu Anda.

Sepeda motor pertama kali berhasil dibuat pada 1885 oleh orang Jerman, Gottlieb Daimler. Saat itu memang benar-benar merupakan sepeda yang dipasangi mesin. Sepeda motor buatan Daimler menggunakan mesin 4-Tak dengan sebuah silinder berbahan bakar bensin yang dipasang secara vertikal pada bagian tengahnya.
Meskipun sepeda motor ini sangat sederhana namun memberi inspirasi, dan banyak fiturnya masih digunakan pada sepeda motor saat ini. Walaupun bukan yang pertama, tetapi di Museum Nasional Sejarah Amerika dipajang sepeda motor yang dibuat Sylvester H. Roper, penduduk Massacushets.
Perbedaan utama dengan sepeda motor Daimler terletak pada mesinnya, yakni mesin Roper menggunakan mesin uap. Pada tahun 1902, insinyur Jerman bernama Maurice (Mauritz) Johan Schulte merancang sepeda motor yang pertama kali diproduksi oleh perusahaan Inggris Triumph Cycle Co.Ltd.
Sepeda motor ini juga masih berupa sepeda yang dipasangi mesin buatan Belgia. Harley Davidson pada awalnya juga merupakan sepeda yang dipasangi mesin. Harley Davidson didirikan oleh William S. Harley dan Arthur Davidson, juga pada tahun 1902, dengan nama Harley-Davidson Motor Company.
Harley Davidson terkenal dengan mesinnya yang tangguh, kuat, dan tahan lama. Pada 1920, Harley Davidson menjadi perusahaan pembuat sepeda motor terbesar di dunia.

Nc dyra

3 komentar: