Tanpa adanya sistem katup atau valve system,bisa dipastikan mesin tidak akan bisa bekerja sama sekali.Karena fungsi katup disini adalah sebagai pintu masuk buat campuran bahan bakar,dimana namanya pintu,jelas ada proses buka-tutupnya.Mau mesin 2Tak atau 4Tak,pasti butuh mekanisme ini.Cuma mesin rotary yang kagak mengenal sistem katup seperti lazimnya mesin2 otomotif.Katup pada mesin 2 Tak dibedakan dari desain manifoldnya.Pada mesin2 2Tak lama,karena desain manifoldnya diletakkan didaerah crank case atau ruang krik as,dipakai katup type piringan atau rotary valve.Sementara pada mesin 2Tak,era sesudahnya,desain manifoldnya dibuat diblok silinder,atau di atas karter/ruang krik as.Dalam hal ini jenis katupnya memakai katup harmonika atau reed valve(membran valve).Ada juga jenis mesin 2Tak yang memakai kombinasi keduanya,yaitu katup rotary+membran valve.contohnya ada di motor KAWASAKI AR-125,produk tahun 80'an.Motor ini adalah motor sport,sebelum adanya seri Ninja150.Sementara motor yang memakai system rotary valve,contohnya adalah Suzuki GP-125,Suzuki A-100,Yamaha L-2.Sementara motor2 yang memakai katup harmonika/reed valve,contohnya Yamaha RX-King,Suzuki RG-R,Honda NSR150,Kawasaki Ninja 150,Suzuki Satria 120,Yamaha Alfa/F1-Z.
Nc dyra
Tidak ada komentar:
Posting Komentar