Jumat, 15 Juli 2011

sejarah berdirinya KAWASAKI


                                                                    Shozo Kawasaki

Kawasaki memang dulunya dikenal sebagai perusahaan pembuat kapal, lokomotive, pesawat, motor dan misil. Tahun 1878 Shozo Kawasaki mendirikan Kawasaki di Tokyo sebagai perusahaan pembuat kapal. Tahun 1881 Kawasaki Hyogo Shipyard, Kawasaki Hyogo Shipyard berdiri di Hyogo, dan di tahun 1896 merger dengan Tsukigi Shipyard dan membentuk Kawasaki Shipyard Corp. Selama Perang Dunia II, Kawasaki memproduksi kapal selam dan supertanker.. !!! Setelah perang Dunia II, pihak Sekutu memisahkan divisi pembuat baja Kawasaki (karena baja tuh industri strategis… heran juga kenapa Krakatau Steel kita mau diprivatisasi.. red.) dan menjadi Kawasaki Steel Corporation. Di tahun 1949, Kawasaki memutuskan untuk memasuki industri motor dengan memproduksi engine motor… !!!

Kawasaki membuat motor 60cc 2 stroke, dan juga 150cc dan 250cc 4 stroke dengan mengadopsi teknologi BMW Jerman, dimana dulunya telah mempunyai kerjasama dengan BMW di bidang industri pesawat terbang. Tahun 1954, Kawasaki Motorcycles memproduksi motor utuh dengan nama Meihatsu. Pada sat yang bersama kawasaki juga memproduksi scooter, namun mereka sadar bahwa agak berat untuk bersaing dengan ‘giant’ industry scooter saat itu Fuji Rabbit dan Mitshubishi Silver Pigeon.

Sejarah Kawasaki Motor sendiri nggak bisa dipisahkan dengan Meguro Motorcycles. Meguro ini di Jepang dikenal sebagai “Senior” dibandingkan Honda, Yamaha dan Suzuki… dan dianggap sebagai “King of Four Stroke”. Meguro memasuki industri motor Jepang di tahun 1937, dan mempunyai hubungan yang baik dengan pemerintah dan menerima order yang banyak terutama untuk kebutuhan militer. Motornya pertama adalah Z97, 500cc rocker-valvez yang dipengaruhi oleh motor Swiss Motosacoche. Motor ini cukup sukses dan terus diproduksi sampai tahun 1950-an. Disamping itu, Meguro juga memproduksi 250cc dan 350cc, single cylinder sebagaimana juga high performance twin cylinderz. Twin Cylinder 650cc dan 500cc pun dibuat… oleh Meguro dan pantaslaagh dianggap sebagai senior.. karena tahun segitu sudah berat-berat.. bikinannya… !!! Naagh di tahun 1960, Meguro diakusisi oleh Kawasaki dan ditahun 1962 menjadi Kawasaki Motorcycles… !!!

Sudah lebih dari 40 tahun Kawasaki memulai produksi masal sepeda motor. Mesin sepeda motor pertama yang diproduksi adalah hasil dari pengetahuan teknis yang dipetik dari kemampuan mengembangkan dan memproduksi mesin pesawat terbang.
Masuknya Kawasaki ke dunia sepeda motor adalah karena Kawasaki selalu ingin mengembangkan teknologi baru. Selama ini Kawasaki telah berhasil meluncurkan beragam model sepeda motor yang turut membantu membentuk pasar sepeda motor, sekaligus melahirkan legenda-legenda sepeda motor yang mumpuni dalam hal ketahanan dan kecepatan.

(1952) Desain mesin KE-1 selesai sudah
Para insinyur dan teknisi pesawat terbang mulai membangun KE (Kawasaki Engine) pada 1949. produksi masal dimulai pada 1953. Mesin dengan teknologi air-cooled, 148cc, OHV, 4-tak ini memiliki power maksimal sebesar 4 PS pada 4,000 rpm.

(1955) Produksi mesin sepeda motor KB-5 dimulai
Torsinya yang responsif di rpm rendah maupun tinggi serta karakternya yang superior membuatnya terkenal di kalangan riders pada saat itu. untuk 10 tahun ke depan KB-5 mengalami pengembangan yang akhirnya menjadi dasar mesin Kawasaki 125cc. Pada tahun yang sama, the Meihatsu 125-500 diluncurkan dengan mengusung mesin KB-5.

(1956) Debut Meihatsu 125 Deluxe
Meihatsu 125 Deluxe disebut sebagai “Mesin Kawasaki Tahan Banting”
Motor ini mampu melaju 81.5 kpj, rekor baru di kelasnya. Dalam tes yang lain, mesinnya mampu melaju lebih dari 50,000 tanpa henti dan tidak mengalami kerusakan

                                                       ini nenek moyangnya NINJA

Nc dyra

4 komentar: