Jumat, 15 Juli 2011

cara merawat ban biar awet


Merawat ban agar awet menjadi kewajiban bagi pengendara sepeda motor. Selain sebagai penghematan, merawat ban dengan benar juga turut menjaga keselamatan pengendara maupun penumpangnya. Tekanan udara ban yang tak tepat sangat mempengaruhi keseimbangan dan stabilitas laju sepeda motor. Beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai keadaan ban sebagai berikut:
Ban bocor
Periksa pentil ban, apakah mengalami kebocoran atau tidak? Caranya lepaskanlah tutup pentil dan taruhlah air di atas lubang pentil. Bila air membentuk gelembung udara, bisa dipastikan pentil tersebut bocor. Bila bocor, keraskanlah pentil tersebut dengan mernakai alat pengencang pentil yang ada di tutup pentil. Namun, bila masih bocor, berarti pentil tersebut rusak dan harus diganti dengan yang baru. Periksalah apakah ban terkena paku atau benda-benda tajam lainnya.
Ban aus secara abnormal
Jika telapak atau tread ban telah aus, ban mudah tertusuk dan rusak. Tekanan ban hams disetel supaya sesuai beban pada sepeda motor.
Ban berputar tak teratur
Periksa ban apakah berputar seimbang atau tidak? Dan periksa apakah jari-jari telah dikencangkan secara benar atau belum? Jika ban berputar tidak seimbang, berarti jari-jari pelek roda sudah kendur.

Tekanan ban

Periksa secara rutin tekanan angin setiap kali mau mengendarai sepeda motor. Samakan tekanan angin antara ban depan dengan ban belakang.
Jarak tempuh
Setiap 10.000 km, keseimbangan dan kelurusan ban harus dicek. Selain jarak tempuh, suhu dan cuaca juga mempengaruhi keawetan ban. Kondisi jalan yang panas pada musim kemarau menyebabkan usia ban lebih pendek dibandingkan pada musim hujan. Selain itu, cara mengendarai sepeda motor juga bisa mempengaruhi keawetan ban tersebut. Cara memulai jalan yang mendadak dan pengereman mendadak berpengaruh besar pada keawetan ban.

4 komentar:

  1. thanks infonya bro.. motor terawat gag akan banyak rewelnya. :)

    BalasHapus
  2. TOP 2 Oli Mineral mobil-Motor10 Oktober 2011 pukul 18.38

    Masih banyak yg belum lengkap diulas bro..

    BalasHapus
  3. tips yang sangat berguna, terimakasih. ternyata saya harus lebih berhati-hati merawat ban motor.

    BalasHapus
  4. woww.. infonya sangat membantu gan!! trims!!

    # Jual Aki YUASA untuk NINJA 250 di jogja # 0818.272.580(XL)

    BalasHapus